Zulkarnain, Zulkarnain and Sudarmi, Sudarmi (2022) Pelatihan Pembuatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) bagi Guru-guru SD/MI/SMP/MTs. di Kabupaten Pesisir Barat. JURNAL PENGABDIAN SOSIAL INDONESIA (Journal of Indonesian Social Service), 2 (2). pp. 51-76. ISSN 2775-7358

[img]
Preview
Text
25913-65105-1-PB(1).pdf

Download (240kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPSI/arti...

Abstract

elatihan Pembuatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) bagi Guru�Guru SD/MI/SMP/MTs dilakukan di Kabupaten Pesisir Barat. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Penelitian Universitas Lampung yang berjumlah 4 orang dan dibantu oleh 2 mahasiswa dengan diikuti oleh 16 orang guru SD/SMP sederajat di Kabupaten Pesisir Barat terutama yang berasal dari Kecamatan Ngambur, Pesisir Selatan dan Bengkunat. Berdasarkan pengamatan selama berlangsungnya kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini berlangsung baik dan lancar. Perhatian dan motivasi para peserta cukup tinggi yang dapat dilihat dari tingginya animo para peserta untuk bertanya dan berdiskusi. Berdasarkan pembahasan, diperoleh hasil yaitu: (a) untuk bidang materi kognitif atau pengetahuan dapat dikatakan meningkat secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir terdapat peningkatan sebanyak 10 orang atau 62,50 %, (b) dalam bidang penguasaan materi yang bersifat pemahaman atau sikap, juga mengalami peningkatan secara siginifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir terdapat peningkatan nilai yang dicapai sebanyak 9 orang atau 56,25 %, (c) dalam bidang penguasaan materi yang bersifat keterampilan praktis, sampai berakhirnya kegiatan ini belum dapat diketahui secara pasti, karena dibutuhkan waktu yang lebih panjang melalui pemantauan di lapangan.

Item Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: ZULKARNAIN
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:02
Last Modified: 20 Jan 2023 02:02
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/47903

Actions (login required)

View Item View Item