Fatmawati, Nia and Sofia, Ari and DRUPADI, RIZKY DRUPADI and Nawangsasi, Devi and Irzalinda, Vivi and Sugiana, Sugiana Reviewer Artikel_Pelatihan Menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). LPPM UNILA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Review Artikel_Pelatihan Menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD))
Reviewer_Pelatihan Menyusun Perangkat Pembelajaran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan guru PAUD dalam menyusun perangkat pembelajaran masih sangat minim. Meskipun guru telah mengikuti pelatihan kurikulum 2013, namun masih banyak guru yang kesulitan dalam menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran. Untuk itu, Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru PAUD dalam menyusun perangkat pembelajaran kurikulum 2013. Subjek dalam pelatihan ini sebanyak 30 guru PAUD. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah: 1) memberikan pretest pada mitra, 2) memberikan pelatihan tentang penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum 2013, dan 3) memberikan posttest pada mitra, 4) mengolah data pretest dan posttest menggunakan uji Paired sample T-test. Berdasarkan hasil perbandingan antara pretest dengan posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada hasil pretest sebesar 17,13 dan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 28,13 dan signifikan pada 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan pada guru PAUD sangatefektif, yang mana nilai rata-rata dari pretest dan posttest mengalami peningkatan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: NIA FATMAWATI
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:43
Last Modified: 13 Jan 2023 00:43
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/47767

Actions (login required)

View Item View Item