Sulistiawati, Sulistiawati and Edi Suyanto, ES and Nurlaksana eko, Nurlaksana eko (2018) TINDAK ILOKUSI ANAK DELAPAN TAHUN DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR ANALISIS WACANA. J-Simbol, 6 (1). pp. 1-13. ISSN 2355-4061

[img]
Preview
Text (Artikel)
17188-38734-1-PB.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Uji Turnitin)
Uji Turnitin_TINDAK ILOKUSI ANAK DELAPAN TAHUN DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR ANALISIS WACANA.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak ilokusi anak usia delapan tahun dan pengembangannya sebagai bahan ajar mata kuliah Analisis Wacana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan anak berusia delapan tahun bernama Elmira Nisa Maharatu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak ilokusi pada tuturan anak usia delapan tahun adalah ilokusi asertif, direktif, komisif, dan ekspresif. Tindak ilokusi yang mendominasi tuturan anak usia delapan tahun adalah ilokusi asertif menyatakan. Modus tuturan yang digunakan oleh anak usia delapan tahun adalah modus langsung literal, modus tidak langsung literal, dan modus langsung tidak literal. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam mata kuliah Analisis Wacana.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: NURLAKSANA EKO RUSMINTO
Date Deposited: 19 Dec 2022 10:08
Last Modified: 19 Dec 2022 10:08
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/47326

Actions (login required)

View Item View Item