Risca, Yumithasari and Sunyono, Sunyono and Munaris, Munaris (2022) Pengembangan Instrumen Asesmen Portofolio untuk Mengukur Kemampuan Berbahasa Indonesia Tulis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 4 (3). pp. 4713-4720. ISSN 2656-8071

[img]
Preview
Text
5503.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
Official URL: https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Abstract

Pendidik masih merasa kesulitan mengembangkan portofolio untuk penilaian, sehingga asesmen portofolio belum dapat dilakukan secara optimal. Pendidik mengajar hanya menuntut peserta didik untuk menghafal dan proses asesmen yang dilakukan selama ini semata-mata hanya menekankan pada penguasaan konsep yang dijaring dengan kertas dan pensil. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen asesmen portofolio berbasis karya tulis yang layak dan efektif untuk mengukur kemampuan berbahasa Indonesia tulis peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian dan pengembangan merupakan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu. Produk yang dihasilkan diuji validasi oleh ahli, kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Subjek penelitian ini peserta didik sebanyak 22 peserta didik. Data dikumpulkan melalui lembar angket dan observasi. Kelayakan teoritis instrumen asesmen portofolio berdasarkan pada penilaian dari 3 ahli yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,38 pada kategori sangat baik. Kelayakan praktisi instrumen asesmen portofolio berdasarkan analisis butir soal angket pada uji validitas, reliabilitas,dan uji efektivitas. Berdasarkan hasil analisis instrumen asesmen portofolio berbasis karya tulis yang dikembangkan layak dan efektif untuk mengukur kemampuan berbahasa Indonesia tulis peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Depositing User: MUNARIS MUNARIS
Date Deposited: 14 Dec 2022 09:05
Last Modified: 14 Dec 2022 09:05
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/47187

Actions (login required)

View Item View Item