Oktaria, Dwi Yosa and Armijon, Armijon and Rahmadi, Eko (2021) Analisis Kesesuaian Penggunaan Terhadap Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. DATUM Journal of Geodesy and Geomatics, 1 (01). pp. 48-54. ISSN 2776-9283

[img]
Preview
Text (Analisis Kesesuaian Penggunaan Terhadap Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan)
DWI YOSA JURNAL.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview
Official URL: https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jgg/arti...

Abstract

Kecamatan Natar merupakan kecamatan dengan populasi penduduk terbanyak di Kabupaten Lampung Selatan, terus mengalami peningkatan kebutuhan lahan. Akibatnya penggunaan lahan akan mengalami alih fungsi sehingga dapat membuat masalah dalam penataan ruangnya, yaitu akan timbul lahan yang fungsinya tidak sesuai dengan RTRW. Oleh karena itu perlu ada monitoring agar penggunaan lahan terus sejalan dengan RTRW. Monitoring dapat diketahui dengan melakukan perhitungan luas perubahan penggunaan lahan, analisis kesesuaian penggunaan lahan di terhadap RTRW serta analisis faktor–faktor utama yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan. Penelitian ini dilakukan dengan membuat peta penggunaan lahan eksisting dengan Penginderaan Jauh yang dibandingkan dengan peta penggunaan tahun rencana (RTRW) untuk menghasilkan peta perubahan penggunaan lahan. Kemudian dilakukan validasi lapangan untuk selanjutnya dilakukan uji akurasi menggunakan matriks konfusi. Peta perubahan penggunaan lahan tadi kemudian dibandingkan dengan peta pola ruang RTRW untuk dianalisis kesesuaiannya. Analisis regresi berganda digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor utama yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan. Berdasarkan analisis perubahan penggunaan lahan didapatkan hasil berupa lahan yang mengalami perubahan seluas 3302.662 ha (13%). Sedangkan penggunaan lahan yang tidak mengalami perubahan seluas 21954.56 ha (87%). Sementara itu hasil analisis kesesuaian didapatkan sebesar 20.153,10 ha (79,8%) penggunaan lahan yang sesuai dengan RTRW dan 5.104,11 ha (20,2%) yang tidak sesuai dengan RTRW. Faktor-faktor utama yang berpengaruh terhadap perubahan penggunaan lahan adalah kepadatan penduduk dan aksesibilitas ke ibukota provinsi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian, Penggunaan Lahan, Perubahan Pernggunaan Lahan, Rencana Tata Ruang Wilayah.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Geodesi
Depositing User: Armijon Armijon
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:50
Last Modified: 30 Nov 2022 06:50
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46973

Actions (login required)

View Item View Item