dwi asri siti, ambarwati (2017) ANALISIS PERBANDINGAN LOYALITAS KONSUMEN PADA ONLINE SHOP DAN TOKO KONVENSIONAL (BRICK AND MORTAR STORE). jurnal bisnis dan manajemen, 13 (2). pp. 112-126. ISSN 1411-9366

[img] Text
JBM_Volume_13_No_2_Mei_2017-2.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://manajemen.feb.unila.ac.id/publikasi/jbmanaj...

Abstract

Saluran distribusi melalui internet sangat pesat berkembang saat ini karena sangat memudahkan bagi produsen dan konsumen untuk saling berkomunikasi. Konsumen tidak perlu lagi untuk datang ke toko dan mengantri pada saat melakukan pembayaran yang pasti akan menghemat waktu dan biaya transportasi bagi konsumen. Produsen juga tidak perlu menyediakan banyak tempat untuk display toko dan mengurangi persediaan pada gudang. Kemajuan teknologi informasi ini juga meningkatkan persaingan bagi para produsen. Produsen suatu produk berlomba-lomba membangun jejaring di dunia sosial media dan membuka web resmi di internet. Permasalahan yang ada pada fenomena pesatnya pertumbuhan online shop yang sangat tinggi ternyata belum diikuti dengan banyaknya minat konsumen untuk berbelanja melalui internet. Hal ini terlihat dari data yang menyatakan bahwa 73% konsumen masih lebih senang berbelanja pada toko konvensional karena merasa lebih nyaman bila dapat lebih dekat dengan dengan produk yang ingin di beli seperti menyentuh dan mencoba produk tersebut, penelitian-penelitian terdahulu juga masih memiliki perbedaan hasil dan menurut hasil pilot study yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa konsumen lebih loyal pada toko-toko konvensional yang sering mereka datangi karena memiliki keeratan emosional pada toko-toko tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan loyalitas konsumen pada online shop dan toko konvensional (Brick and Mortar Store). Perilaku konsumen berubah menjadi tidak hanya berbelanja di toko konvensional tetapi juga melalui internet. Internet memberi kemudahan konsumen dalam berbelanja karena hanya melalui telepon genggam yang selalu mereka bawa, para konsumen tersebut sudah dapat melakukan transaksi jual beli. Kemudahan ini juga mengakibatkan pola pembelian konsumen yang tidak hanya membeli pada satu toko saja di internet, tetapi juga banyak toko di internet. Hal ini menunjukkan bahwa berbelanja melalui internet membuat konsumen menjadi tidak loyal hanya pada satu toko saja tetapi banyak mencoba membeli di berbagai toko yang ada di internet tersebut. Berbeda bila konsumen berbelanja melalui toko konvensional yang biasanya loyal pada satu toko yang disebabkan karena sudah merasa nyaman dengan suasana toko, karyawan dan lokasi yang dekat dari tempat konsumen biasa beraktivitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey, yaitu metode riset yang dalam pengumpulan data primer melakukan tanya-jawab dengan responden. Survei dilakukan terhadap sampel (mengambil hanya sebagian unit populasi guna dijadikan unit observasi) yang diharapkan mewakili populasi. Responden adalah konsumen yang telah membeli di toko konvensional tertentu dan onlinshop tertentu minimal tiga kali. Hasil dari penelitian ini terbukti bahwa loyalitas konsumen pada toko konvensional masih lebih besar dibandingkan dengan loyalitas konsumen pada onlineshop. Hal ini diakibatkan resiko yang dirasakan konsumen ketika berbelanja di onlineshop masih lebih besar dibandingkan dengan berbelanja di toko konvensional, harga yang bersaing pada onlineshop juga membuat konsumen sulit untuk loyal terhadap satu toko saja.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: DWI ASRI S ambarwati
Date Deposited: 16 Nov 2017 03:21
Last Modified: 16 Nov 2017 03:21
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/4688

Actions (login required)

View Item View Item