Alhafidz Riandeni, AR and Dwi Yulianti, DY and I Wayan Distrik, IWD Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Student Active Learning untuk Meningkatkan Critical Thinking Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Research and Learning in Elementary Education, 4 (1). pp. 4720-4730. ISSN 2580-3735

[img]
Preview
Text
2868-11402-1-PB.pdf

Download (441kB) | Preview
Official URL: https://sinta.ristekbrin.go.id/journals/detail?id=...

Abstract

Masalah dalam penelitian dan pengembangan penelitian ini adalah pendidik belum mengembangkan instrumen penilaian kognitif sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrument penilaian kognitif berbasis student active learning untuk peningkatan critical thinking peserta didik sekolah dasar yang mengacu pada pembelajaran K-13. Jenis penelitian pada penelitian dan pengembangan ini ialah (research and development). Populasi pada penelitian ini yaitu pada peserta didik kelas lima di Rayon 3 Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Sampel pada penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 25 peserta didik kelas lima SD Negsderi 29 Way Lima pengumpulan data melalui lembar angket, dan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan, instrumen penilaian kognitif yang dikembangkan memadai menurut teori dan empirik. Kelayakan teori instrument penilaian kognitif berdasarkan hasil penilaian dari tiga ahli termasuk dalam kategori sangat baik, relevan, praktis, representatif, diskriminatif, spesifik, serta proporsional. Kelayakan empirik instrumen penilaian kognitif berdasarkan analisis butir soal yaitu seluruh soal telah valid dan memiliki reliabilitas yang tinggi. Kata Kunci: instrumen penilaian, student active learning, tematik terpadu, critical thinking.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Depositing User: DWI YULIAN
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:18
Last Modified: 25 Nov 2022 01:18
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46830

Actions (login required)

View Item View Item