Nila Wati Idrus, NWI and Dwi Yulianti, DY and Ujang Suparman, US and Zainal Abidin Arief, ZAA Pemanfaatan media wordwall dalam peningkatan perbendaharaan kosakata (vocabulary) pada pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Bahasa dan Sastra, 22 (2). pp. 376-387. ISSN 1411-2051

[img]
Preview
Text
2868-11402-1-PB.pdf

Download (441kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/aksara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media wordwall yang layak dalam peningkatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris (2) mengetahui keberhasilan penggunaan media belajar pada mata pelajaran bahasa Inggris, khususnya dalam upaya guru meningkatkan perbendaharaan kosakata siswa. Subjek Penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Peserta didik dapat dikatakan mampu dalam pembelajaran Bahasa Inggris apabila mempunyai kemampuan lebih yang dimilik yakni kosakata. Menggunakan media yang mendukung dalam pembelajaran kosakata membuat peserta didik lebih memahaminya dibandingkan menggunakan pembelajaran tanpa menggunakan media. Tidak hanya peserta didik membutuhkan pemahaman kosakata yang banyak, seorang pendidik juga harus mempunyai perbendaharaan kosakata yang lebih banyak. Disesuaikan dengan materi yang diajarkan apabila pendidik mengajar tentang menulis paragraf sederhana, pendidik mampu memberikan aspek-aspek penilaian dalam menulis. Selanjutnya pemberian pembelajaran kosakata, pendidik mampu menjelaskan makna kosakata yang ada sehingga sebuah makna kosakata yang mempunyai arti secara berhubungan dapat menjadi bahasa yang mempunyai makna. Wordwall adalah sebuah aplikasi yang menarik pada browser. Aplikasi khusus yang bertujuan sebagai sumber belajar, media, dan alat penilaian yang menyenangkan bagi murid. Selain itu juga gratis penggunaannya dapat dishare lansung melalui facebook, goggle classroom, twitter, atau melalui link ke grup WA. Media wordwall diharapkan membantu siswa dalam pemahaman kosakata siswa tanpa harus selalu tergantung pada penggunaan kamus. Di dalam melakukan penelitian menggunakan R & D atau yang lebih dikenal dengan Research atau Development yang mengutip versil Borg dan Gall. Kajian deskriptif analisis mengarah pada petunjuk pembelajaran Dick and Carey yang mempunyai tahapan terdiri penyelidikan kebutuhan, rancangan pembelajaran, penerapan pengembangan produk, verifikasi dan perbaikan produk. Pengamatan, penyebaran angket, dan evaluasi sebagai langkah untuk mendapatkan data. Statistik penyebaran diperlukan sebagai evaluasi deskriptif kuantitatif. Perolehan hasil belajar menggunakan normalisasi atau lebih dikenal N-gain mempunyai fungsi melihat sejauh mana efisiensi pemanfaatan gawai wordwall tersebut. Hasil penilaian dari ahli materi 4.34 Kategori sangat baik. Hasil validasi media 3.70. Dengan kategori baik. Riset membuktikan: (1) pemanfaatan dalam pembuatan media wordwall salah satu pembelajaran meliputi, keahlian, bahan ajar, glossary, evaluasi serta berbagai jenis permainan dalam gawai tersebut, (2) pemanfaatan media wordwall dapat di implementasikan untuk sumber belajar khususnya pembelajaran perbendaharaan kosakata. Kata kunci: media interaktif, Wordwall, perbendaharaan kat

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: DWI YULIAN
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:18
Last Modified: 25 Nov 2022 01:18
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46828

Actions (login required)

View Item View Item