Zulkarnain, Zulkarnain and Mentari, Ana and Salsabila, Annisa (2022) Eksistensi Peran Organisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Peningkatan Profesionalitas Pendidikan di Kota Bandarlampung. Jurnal Edukasi IPS, 6 (2). pp. 1-14. ISSN 2620-8768

[img]
Preview
Text
28495-Article Text-84006-1-10-20221114.pdf

Download (453kB) | Preview
Official URL: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/eips

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan dan menganalisis struktur dan fungsi MGMP, perencanaan program MGMP yang selama ini dilakukan, pelaksanaan program-program MGMP selama satu tahun terakhir, serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan program MGMP yang selama ini dijalankan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif fenomenologis. Sumber data penelitian yaitu guru-guru yang terlibat aktif MGMP IPS sebanyak 8 orang dengan teknik sampling purposif. Teknik pengambilan datanya dengan wawancara terstruktur observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan jalur meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Organisasi kelompok kerja MGMP IPS Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandar Lampung secara struktural sudah ada dan berjalan cukup baik; 2) Perencanaan kegiatan MGMP IPS di Kota Bandar Lampung dibuat secara bersama dan dilaksanakan setiap akhir bulan sekali; 3) Pelaksanaan program MGMP IPS di Kota Bandar Lampung dijadwalkan satu kali dalam setiap bulannya yaitu pada akhir bulan. Materi yang dibahas dalam kegiatan tersebut sudah sesuai dengan kurikulum 2013 terutama perangkat pembelajaran dan lampirannya, serta program kegiatan yang ditugaskan dari Dinas Pendidikan atau LPMP Lampung; 4) Monitoring dan evaluasi pelaksanaan program MGMP IPS utamanya dilakukan oleh ketua dan sekretaris sendiri, sedangkan dari dinas atau pengawas pendidikan dan kepala sekolah hanya dilakukan satu kali tiap satu semester; 5) Kendala yang dihadapi kegiatan MGMP IPS adalah belum adanya dana alokasi khusus, sulit mencari narasumber ahli, dan rendahnya partisipasi guru dalam kegiatan MGMP karena waktu dan jadwal KBM yang berbeda.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN
Depositing User: M.pd Ana Mentari
Date Deposited: 21 Nov 2022 09:16
Last Modified: 21 Nov 2022 09:16
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46781

Actions (login required)

View Item View Item