Loliyana, Loliyana and Adelina Hasyim, Adelina and Baharuddin, Risyak (2013) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IBADAH GHAIRU MAGHDAH DENGAN MENERAPKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 1 (5). pp. 1-15. ISSN p-ISSN 2087-9849

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IBADAH GHAIRU MAGHDAH DENGAN MENERAPKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING..pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JT/articl...

Abstract

Peningkatan pemahaman konsep ibadah ghairu maghdah dengan menerapkan model experiential learning bagi mahasiswa pgsd fkip unila. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis: (1) desain perencanaan pembelajaran, (2) proses pembelajaran, (3) sistem evaluasi dan (4) peningkatan pemahaman 2 konsep ibadah ghairu maghdah.Metode yang digunakan adalah kaji tindak melalui tiga siklus. Siklus I dimulai dari penjelasan langkah-langkah model experiential learning dari langkah pertama mengemukakan pengalaman (experience) sampai pada langkah kedua berbagi pengalaman (share) atau menyampaikan pengalaman pribadinya. Siklus II mulai dari langkah ketiga yaitu menganalisis pengalaman (pross) hingga menghubungkan pengalaman dengan situasi nyata (generalize). Siklus III, penyimpulan hasil analisis pengalaman sampai pada penerapan situasi serupa namun lebih jelas lagi (apply). Tehnik pengambilan data dilakukan dengan tes dan observasi. Data dianalisis secara deduktif kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan (1) desain SAP disusun dengan sintak: yaitu Pendahuluan, Penyajian dengan menerapkan model experiential learning diawali dengan menganalisis pengalaman langsung sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran experiential learning yang terdiri dari lima langkah dimulai dari proses mengalami (experience), berbagi rasa (share), analisis pengalaman (pross), ambil hikmah atau menyimpulkan hasil analisis dan menghubungkan pengalaman dengan situasi nyata (generalize), dan yang terahir menerapkan (apply) pengalaman pada situasi yang serupa namun lebih jelas lagi atau secara benar sesuai dengan syari’at Islam, Penutup diakhiri dengan tes dan pelaporan hasil.(2) Proses pembelajaran dilakukan untuk neningkatkan keaktifan mahasiswa dalam pembelajara konsep ibadah ghairu maghdah dengan model experiential learning . Kelas PGSD siklus I (55%), siklus II (75%) dan siklus III (87,5%). Kelas BK siklus I (57,5%), siklus II (75%) dan siklus III (90%). (3) Sistem evaluasi pada siklus I,II dan III menggunakan 20 soal pilihan ganda. Validitas 0,87. Reliabilitas, 0,65. Tingkat kesukaran 0,70. Daya pembeda instrumen 0,75. (4). Pemahaman konsep ibadah ghairu maghdah pada mahasiswa. Kelas PGSD dengan nilai ratarata, siklus I (65), siklus II (75), dan siklus III (85). Kelas BK dengan nilai ratarata, siklus I (67), siklus II (75) dan siklus III (87)

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: LOLIYANA
Date Deposited: 16 Nov 2022 09:17
Last Modified: 16 Nov 2022 09:17
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46684

Actions (login required)

View Item View Item