MUNCARNO, MUNCARNO and Nelly, Astuti (2021) PENGARUH REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10 (2). pp. 840-848. ISSN ISSN 2089-8703 (Print) Volume 9, No. 1, 2020, 72-85 ISSN 2442-5419 (Online)
|
Text
Upload repo_PENGARUH REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA..pdf Download (403kB) | Preview |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh yang signifikan pada pendekatan RME dengan media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat yang berjumlah 52 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh, yaitu semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Data yang diperoleh kemudain dianalisis dengan menggunakan nilai N-Gain untuk melihat peningkatan, dan menggunakan uji regresi sederhana untuk melihat pengaruh penggunaan pendekatan RME dan media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pendekatan RME dengan media realia terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN 3 Metro Pusat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Depositing User: | M.Pd NELLY ASTUTI |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 08:32 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 08:32 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46664 |
Actions (login required)
View Item |