MUNCARNO, MUNCARNO and Nelly, Astuti (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10 (4). pp. 2784-2790. ISSN ISSN 2089-8703 (Print) Volume 9, No. 1, 2020, 72-85 ISSN 2442-5419 (Online)

[img]
Preview
Text
Upload repo_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING.pdf

Download (363kB) | Preview
Official URL: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematik...

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Barat. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada model blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Sumbej dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Metro Barat, Lampung. Populasi berjumlah 36 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh berjumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan soal tes uraian mata pelajaran matematika. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan rata-rata nilai ngain. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Barat. Disamping itu, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 0,51 dengan kategori “Sedang”. Hal ini menunjukkan bahwa model blended learning cocok untuk digunakan meningkatkan kemampuan berpikir kritis bagi peserta didik sekolah dasar khususnya kelas V.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: M.Pd NELLY ASTUTI
Date Deposited: 15 Nov 2022 06:20
Last Modified: 15 Nov 2022 06:20
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46657

Actions (login required)

View Item View Item