Nelly, Astuti and MUNCARNO, MUNCARNO (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SEKOLAH DASAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10 (2). pp. 983-989. ISSN ISSN 2089-8703 (Print) Volume 9, No. 1, 2020, 72-85 ISSN 2442-5419 (Online)

[img]
Preview
Text
Upload repo_IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E.pdf

Download (411kB) | Preview
Official URL: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematik...

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SDN 11 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SDN 11 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalen control group design. Populasi penelitian berjumlah 60 orang peserta didik. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh dengan jumlah 60 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan statistik deskriptif, statistik inferensial berupa uji-t dan untuk melihat besarnya pengaruh penerapan model learning cycle 5E digunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu, pengaruh penerapan model learnign cycle 5E masuk dalam kategori sedang, yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik secara signifikan dan memenuhi katogeri sedang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: M.Pd NELLY ASTUTI
Date Deposited: 15 Nov 2022 06:20
Last Modified: 15 Nov 2022 06:20
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46653

Actions (login required)

View Item View Item