Choirunnisa, Ani and Nurhanurawati, Nurhanurawati and dahlan, syariffudin and Choirudin, choirudin and Muhammad Saidun, Anwar Development of Islamic Value-Based Mathematics Teaching Materials to Improve Students' Understanding of Mathematical Concepts. Jurnal Analisa, 8 (1). pp. 11-20. ISSN 2549-5143

[img]
Preview
Text
Paper Ke-2 (17073) Ani Choirunnisa.pdf

Download (977kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media dalam modul berbasis Islam pada materi Aritmatika Sosial dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilakukan adalah Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan tes khusus. Hasil penilaian berdasarkan angket validasi ahli materi untuk modul ini termasuk dalam kategori “Valid” dengan skor rata-rata 83%. Penilaian ahli media memperoleh skor rata-rata 87% dalam kategori “Valid”. Pada uji coba lapangan skala besar diperoleh rata-rata 83% dengan kriteria “Menarik”. Kualitas keefektifan produk dilihat dari tes hasil belajar. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t pembelajaran menggunakan modul matematika berbasis Islam yang diterapkan di kelas VII 1 lebih efektif daripada di kelas VII 2 yang pendidikannya tidak menggunakan modul matematika berbasis Islam. Hasil analisis menggunakan N-Gain adalah peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul berbasis Islam adalah valid (layak), menarik, praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar, dan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nurhanuraw NURHANURAWATI
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:26
Last Modified: 14 Nov 2022 03:26
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46561

Actions (login required)

View Item View Item