Ali, Diana and Nurhanurawati, Nurhanurawati and Hastuti Noer, Sri PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS POBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11 (2). pp. 829-838. ISSN 2442-5419

[img]
Preview
Text
4760-17838-1-PB.pdf

Download (912kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis PBL dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang valid, dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan menggunakan 6 tahap model penelitian menurut Borg dan Gall, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan desain produk awal, uji coba lapangan awal revisi hasil uji coba lapangan awal, dan uji pelaksanaan lapangan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa LKPD berbasis PBL dengan pendekatan kontekstual sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika terutama pada materi program linier. LKPD ini juga efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Nurhanuraw NURHANURAWATI
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:26
Last Modified: 14 Nov 2022 03:26
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46557

Actions (login required)

View Item View Item