Zulkarnain, Zulkarnain and widya, hestiningtyas (2022) Evaluasi Kinerja Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Bersertifikasi Pendidik. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5 (2). pp. 1180-1188. ISSN 2622-3740
|
Text
jurnal sinta 4 pak zul.pdf Download (652kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi kinerja guru IPS SMP bersertifikasi pendidik di Kabupaten Way Kanan Lampung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru IPS SMP bersertifikasi berjumlah 48 orang guru dan kepala sekolah sebagai responden sebanyak 5 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian bahwa kinerja guru IPS yang bersertifikasi pendidik secara keseluruhan sudah tergolong baik jika dilihat dari indikator kemampuan guru dalam melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Namun, kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran masih perlu diperbaiki. Rekomendasi yang diberikan kepada guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hendaknya mencakup aspek teknologi komunikasi dan informasi serta diikuti dengan pengembangan kegiatan. Serta aktif Melaksanakan program MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Melalui MGWP ini diharapkan guru dapat meningkatkan metode pembelajaran, teknis edukatif tentang IPTEK yang bisa di gunakan dalam pembelajaran di kelas, berbagi informasi, dan meningkatkan profesionalisme guru Rekomendasi bagi pemerintah daerah adalah membuat program pengembangan diri bagi guru dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Depositing User: | ZULKARNAIN |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 03:26 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 03:26 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46545 |
Actions (login required)
View Item |