ambya, ambya and Ciptawaty, Ukhti (2022) Hubungan antara belanja pemerintah, tingkat kemiskinan, dan pertumbuhan ekonomi daerah otonomi baru di Provinsi Lampung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung, Jurnal Paradigma Ekonomika.

[img]
Preview
Text
luaran iptek lainnya_bukti terbit jurnal_ukhti ciptawaty_dipa 2022_17747-Article Text-51046-1-10-20220508.pdf

Download (271kB) | Preview
Official URL: https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/articl...

Abstract

Penerapan Partial Least Square (PLS) untuk pemodelan kausal telah banyak digunakan di banyak bidang studi, terutama di bidang ekonomi. Makalah ini akan menggunakan analisis PLS untuk diterapkan pada model pengujian hubungan antara variabel: pengeluaran pemerintah, tingkat kemiskinan, dan pertumbuhan ekonomi. Pendidikan (Education Spending) dan Belanja Kesehatan (Health Spending) diproyeksikan dengan kemiskinan (Poverty) dan angka kemiskinan dengan pertumbuhan ekonomi (PDRB). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung pendidikan (education spending) terhadap kemiskinan sebesar -0,509 dan pengeluaran kesehatan terhadap kemiskinan dengan pengaruh -0,510, perkiraan parameter dan kebermaksaan yang signifikan; Terdapat efek total kemiskinan terhadap PDRB adalah -0,983, dengan perkiraan parameter yang sangat signifikan dan bermakna. Aplikasi, menjadi urgensi membangun analisis untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pengeluaran pemerintah, tingkat kemiskinan, dan pertumbuhan ekonomi. Analisis ini akan lebih membantu memahami bagaimana alokasi anggaran belanja pemerintah dapat mempengaruhi tingkat kemiskinan, sejauh ini tingkat kemiskinan pada akhirnya mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di DOB di Lampung.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.E, M. Si Ukhti Ciptawaty
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:09
Last Modified: 10 Nov 2022 01:09
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46444

Actions (login required)

View Item View Item