Suana, Wayan and Wijaya, Agung Putra and Tania, Lisa (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MELALUI MODEL LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH. In: Seminar Nasional Pendidikan MIPA, 14 Oktober 2017, Bandar Lampung.

[img] Text
WayanSuana_SNP_2017.pdf

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru SDN 1 Sukabumi Kota Bandar Lampung mengenai pembelajaran tematik terpadu. Metode yang digunakan adalah model lesson study berbasis sekolah (LSBS). Model LSBS terdiri dari tiga tahapan utama yang bersifat siklis; merencanakan pembelajaran (plan), melaksanakan pembelajaran dan melakukan observasi (do), dan melakukan refleksi (see), dan dilakukan selama lima siklus. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan pengamatan. Hasil yang diperoleh yaitu penerapan model LSBS dapat meningkatkan pemahaman guru mengenai pembelajaran tematik terpadu, keterampilan guru mengenai penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan keterampilan para guru dalam melakukan pembelajaran tematik terpadu. Kata Kunci: Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS), Pemahaman dan Keterampilan Guru, Pembelajaran Tematik Terpadu

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wayan Suana
Date Deposited: 25 Apr 2018 03:52
Last Modified: 25 Apr 2018 03:52
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/4614

Actions (login required)

View Item View Item