ASTUTI, NELLY and Supriyadi, Supriyadi and Destini, Frida (2022) Hubungan Keterampilan Pendidik Selama Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDIJURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 9 (2). pp. 169-183. ISSN 2550-0252

[img]
Preview
Text
7.6526+Astuti+169-183.pdf

Download (688kB) | Preview
Official URL: https://ojs.unida.ac.id/jtdik/index

Abstract

: Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat yang disebabkan oleh kurangnya keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran daring. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran daring dengan hasil belajar. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 185 orang peserta didik dan sampel berjumlah 66 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan korelasi sebesar 0,678 berada pada taraf “Kuat” yang yang menunjukkan keterhubungan antara variabel X dan Y pada penelitian ini. Adapun kontribusi variabel X terhadap Y yakni sebesar 45,97%. Berdasarkan hal tersebut terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran daring dengan hasil belajar IPA peserta didik sekolah dasar

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd NELLY ASTUTI
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:28
Last Modified: 31 Oct 2022 06:28
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46113

Actions (login required)

View Item View Item