Riswanti Rini, Riswanti and Nurain, Suryadinata and Ujang, Efendi (2022) Literasi Digital Mahasiswa Dan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10 (2). pp. 171-179. ISSN 2337-7895

[img]
Preview
Text
48774-151848-1-PB_6.pdf

Download (486kB) | Preview
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/v...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui beberapa faktor internal yang berpengaruh terhadap literasi digital mahasiswa. Faktor-faktor yang difokuskan dalam penelitian ini adalah rasa ingin tahu dan determinasi diri. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah responden 656 mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disusun ke dalam Google Form dan disesuaikan dengan indikator rasa ingin tahu, determinasi diri dan literasi digital. Teknik analisis data menggunakan uji statistik regeresi linier ganda dengan terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik sebagai prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa ingin tahu dan determinasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi digital. Besar kontribusi yang dihasilkan yaitu 37,7% dan model persamaan regresi yaitu Y = 0,551X1 + 0,297X2+ 55,268, di mana Y adalah literasi digital, X1 adalah rasa ingin tahu dan X2 adalah determinasi diri. Secara parsial baik rasa ingin tahu maupun determinasi diri juga berpengaruh signifikan terhadap literasi digital. Rasa ingin tahu memberikan kontribusi sebesar 35,1% sedangkan determinasi diri memberikan kontribusi 33,9%. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan untuk melihat pengaruh lain baik internal maupun eksternal terhadap literasi digital.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: riswanti r
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:52
Last Modified: 31 Oct 2022 02:52
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46110

Actions (login required)

View Item View Item