Yelli, Fitri (2022) Peer Review Jurnal dengan Judul "Optimasi Volume Buffer Ekstraksi dalam Mengisolasi DNA Spesies Mikoriza Arbuskular untuk Identifikasi secara Molekuler". -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Peer Review Optimasi Volume Buffer Ekstraksi dalam Mengisolasi DNA Spesies Mikoriza Arbuskular untuk Identifikasi secara Molekuler.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

Fungi Mikoriza Arbuskular (FMA) mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman dengan cara membantu penyerapan air dan unsur hara dari dalam tanah. Selain itu, FMA juga berperan dalam meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan patogen. Laboratorium Produksi Tanaman Perkebunan Fakultas Pertanian Universitas Lampung memiliki 35 koleksi isolat mikoriza. Isolat-isolat koleksi tersebut belum teridentifikasi dengan baik sampai ke level spesies. Penelitian ini bertujuan untuk menguji empat volume buffer ekstraksi InstaGeneTM Matrix yang efektif dan ekonomis untuk isolasi DNA FMA yang akan digunakan untuk identifikasi secara molekuler. Isolasi DNA 4 isolat FMA yaitu Glomus sp., Gigaspora sp., Acaulospora sp., dan Entrophospora sp. dilakukan dengan menggunakan buffer ekstraksi Instagene Matrix (BIO-RAD) dengan volume 10, 15, 20, dan 25 μl. Untuk melihat keberhasilan isolasi DNA yang dilakukan yaitu dengan menggunakan DNA tersebut sebagai template atau cetakan dalam proses PCR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua volume (10, 15, 20, dan 25 μl) buffer ekstraksi yang diujikan mampu mengekstrak DNA dari ke 4 isolat yang diuji kecuali volume 20 μl pada isolat Gigaspora sp. Oleh karena itu, volume 10 μl buffer ekstraksi sudah dapat digunakan dan lebih efisien untuk mengekstrak DNA dari spora FMA.

Item Type: Other
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Ms fitri yelli
Date Deposited: 29 Oct 2022 11:24
Last Modified: 29 Oct 2022 11:24
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46033

Actions (login required)

View Item View Item