Sulistiowati, Rahayu and Prihantika, Ita and Asmiati, Asmiati (2022) PUBLIC PRIVATE PARTNERSHIP DALAM PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA KERJA DAN PRODUKTIVITAS (PKTKP) BERBASIS PEMAGANGAN DALAM NEGERI DI PROVINSI LAMPUNG. PAPATUNG, 5 (2). pp. 8-17. ISSN 2715-0186

[img]
Preview
Text
Sulistiowati_papatungJurnal_Sept2022Cek Similaruty.pdf (1).pdf

Download (262kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.goacademica.com/index.php/japp/is...

Abstract

Program pemagangan dalam negeri di Provinsi Lampung masih menemui kendala, seperti proses sosialisasi yang dilakukan kurang maksimal sehingga hanya sedikit perusahaan yang berminat untuk bekerjasama. Akibatnya, pelaksanaan rekrutmen perusahaan belum dapat mencapai target yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pemagangan rumah tangga dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program pemagangan rumah tangga di Provinsi Lampung. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan 3 indikator pelaksanaan public private partnership (Public Private Partnership) yang terdiri dari kebijakan, sumber daya dan komunikasi (Kurniawan, Setianto et al., 2009). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerjasama antara pemerintah dengan pihak swasta (public private partnership) dalam program peningkatan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja (PKTKP) berbasis pemagangan dalam negeri di Provinsi Lampung cukup efektif. Dilihat dari aspek kebijakan dapat dikatakan efektif karena tujuan diadakannya program ini sesuai dengan tujuan kerjasama pemerintah-swasta yang bermanfaat selain memberikan pelayanan kepada masyarakat tetapi juga memberikan manfaat dari perusahaan yang bekerjasama dengan Disnaker Provinsi Lampung. Pada aspek sumber daya, sumber daya manusia dalam pelaksanaan program pemagangan dalam negeri ini belum maksimal dalam mencapai target/hasil yang diinginkan sehingga aspek sumber daya dalam fokus ini dapat dikatakan kurang efektif. Dalam komunikasi yang berlangsung cukup baik, hal ini terlihat dari proses lobi-lobi untuk mencapai target penyerapan peserta, meskipun komunikasi dalam proses sosialisasi untuk perusahaan rekrutmen belum mencapai target

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Negara
Depositing User: RAHAYU SULISTIOWATI
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:42
Last Modified: 25 Oct 2022 02:42
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/45914

Actions (login required)

View Item View Item