Kartika Nurbaiti, KN and Nelly, Astuti and Destini, Frida and RAPANI, RAPANI Hubungan Pengelolaan Kelas Daring dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Pedagogi: jurnal pendidikan dasar, 10 (1). pp. 58-69. ISSN 2807-1735

[img]
Preview
Text
24202-64434-1-PB.pdf

Download (254kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/inde...

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat yang disebabkan oleh kurangnya keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran daring dan minat belajar peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran dalam jaringan dan minat belajar dengan hasil belajar. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 185 orang peserta didik dan sampel berjumlah 66 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran dalam jaringan dan minat belajar dengan hasil belajar ditunjukkan dengan koefisien korelasi berada pada taraf “Kuat”. Kata Kunci: Hasil belajar, keterampilan pendidik, minat

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd Frida Destini
Date Deposited: 24 Oct 2022 04:45
Last Modified: 24 Oct 2022 04:45
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/45905

Actions (login required)

View Item View Item