Devitha Putri Mumthahana, DPM and Alben Ambarita, AA and Destini, Frida and RAPANI, RAPANI Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dan Kemampuan Komunikasi Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Pedagogi: jurnal pendidikan dasar, 10 (1). pp. 46-57. ISSN 2807-1735

[img]
Preview
Text
24123-63943-1-PB.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/inde...

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus R.A Kartini Metro Timur yang disebabkan oleh kurangnya kompetensi professional guru dan kemampuan komunikasi peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dan kemampuan komunikasi dengan kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 177 orang peserta didik dan sampel berjumlah 125 orang peserta didik menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yaitu, kuesioner, observasi, wawancara. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dan kemampuan komunikasi dengan kemampuan berpikir kritis, dengan koefisien korelasi sebesar 0,76 berada pada taraf “Kuat”. Kata Kunci: Berpikir kritis, kompetensi professional guru, komunikasi

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd Frida Destini
Date Deposited: 24 Oct 2022 04:45
Last Modified: 24 Oct 2022 04:45
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/45904

Actions (login required)

View Item View Item