Laurensia, Trimeta Platini and Abdurrahman, Abdurrahman and Dewi, Lengkana (2022) Development and Implementation of Interactive e-Module using Microsoft Sway to Improve Disaster Literacy Skills. Jurnal Pendidikan MIPA, 23 (3). pp. 854-871. ISSN 1411-2531

[img]
Preview
Text
artikel Meta.pdf

Download (598kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpmipa/ar...

Abstract

Abstrak: Literasi bencana perlu diperkenalkan untuk memberikan pemahaman kepada siswa dan meminimalisir risiko bencana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan e-modul interaktif berbasis Microsoft Sway yang valid dan memiliki efektivitas untuk meningkatkan literasi kebencanaan siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain Riset and Development (R & D) model 4D (four-D). Sampel penelitian terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen dengan istrumen berupa instrumen tes, angket dan wawancara. Analisis data berdasarkan data n-gain, effect size dan persentase deskriptif tanggapan guru dan siswa. Persentase validasi konstruk, isi dan bahasa yang diperoleh secara berturut-turut adalah 84.68%, 80,58% and 86% dengan kriteria seluruhnya valid. Berdasarkan hasil pre-test and post-test didapatkan N-gain 0,66 dengan kriteria sedang untuk meningkatkan literasi kebencanaan siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-modul interaktif berbasis Microsoft Sway valid dan memiliki efektivitas tinggi untuk meningkatkan kemampuan literasi kebencanaan siswa Kata kunci: e-modul interaktif, keterampilan literasi kebencanaan, literasi kebencanaan, Microsoft Sway.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan IPA
Depositing User: Dr Dewi Lengkana
Date Deposited: 09 Sep 2022 00:57
Last Modified: 09 Sep 2022 00:57
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/44845

Actions (login required)

View Item View Item