Sutarsyah, Cucu (2017) Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Muatan Lokal pada Sekolah Dasar di Provinsi Lampung. Aksara, Jurnal Bahasa dan Sastra, 18 (1). pp. 35-43. ISSN 1411-2051

[img] Text
sutarsyahMuatanLokal.pdf

Download (78kB)

Abstract

Bahasa Inggeris telah mulai diajarkan di beberapa Sekolah Dasar di seluruh Indonesia termasuk di Propinsi Lampung. Kebijakan ini dilaksanakan sesuai dengan amanat yang terkandung dalam Kurikulum Sekolah Dasar 1994. Kurikulum ini mencantumkan pelajaran muatan lokal yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan dan yang bersifat kedaerahan. Setiap sekolah dapat menentukan kebijakan untuk menyelenggarakan beberapa mata pelajaran termasuk diantaranya mata pelajaran Bahasa Inggeris. Tulisan ini menganalsis keberadaan dan pelaksanaan mata pelajaran Bahasa Inggeris sebagai muatan lokal di Propinsi Lampung berdasarkan hasil sirvey dari beberapa guru dan pengambil kebijakan tentang muatan lokal. Diantaranya membahas apakah Bahasa Inggeris layak atau tidak layak diajarkan di Sekolah Dasar di Propinsi Lampung. Beberapa argumentasi dan teori dipaparkan untuk mendukung kedua argumentasi itu. Makalah ini merekomendasikan bahwa Bahasa Inggeris dapat diajarkan di Sekolah Dasar di Propinsi Lampung apabila beberapa persyaratan teoritis dan praktis dapat dipenuhi.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bahasa Inggris
Depositing User: CUCU SUTAR
Date Deposited: 06 Nov 2017 09:34
Last Modified: 06 Nov 2017 09:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/4439

Actions (login required)

View Item View Item