Apriyono, Adriyan and Murniati, Ktut and riantini, maya (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAAN KONSUMEN CAFÉ KOPI SUSU BAPER DI KOTA METRO. Mimbar Agribisnis, 8 (2). pp. 933-947. ISSN 2460-4321

[img]
Preview
Text
Jurnal Mimbar Agribisnis, Adrian, KM, MR.pdf

Download (751kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/mimbaragribi...

Abstract

Peningkatan konsumsi kopi membuat kedai kopi semakin marak, persaingan yang ketat antar kedai kopi ini membuat pengusaha kedai kopi harus terus berinovasi dan memperhatikan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian konsumen terhadap kualitas produk, kualitas pelayanan, dan tingkat kepuasan konsumen, serta pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap kepuasaan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan sampel dilakukan dengan menggunakan accidental sampling, yang artinya semua konsumen yang pernah membeli produk di Café Kopi Susu Baper. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 45 orang. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa Café Kopi Susu Baper merupakan salah satu café yang ada di Kota Metro dengan hak milik pribadi dan telah berdiri selama dua tahun. Pengumpulan data dilakukan dari Bulan Februari hingga Maret 2021. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk masuk dalam kategori tinggi dengan nilai indeks sebesar 187,66. Variabel kualitas pelayanan masuk dalam kategori tinggi dengan nilai indeks sebesar 191,98. Variabel kepuasan konsumen masuk dalam kategori tinggi dengan nilai indeks sebesar 200,67. Variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, dan lokasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan nilai koefisien determinasi parsial menunjukkan bahwa kualitas pelayanan menjadi variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Agribisnis
Depositing User: KTUT MURNI
Date Deposited: 18 Aug 2022 00:50
Last Modified: 18 Aug 2022 00:50
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/44123

Actions (login required)

View Item View Item