Pixyoriza, Pixyoriza and Nurhanurawati, Nurhanurawati and Rosidin, Undang Pengembangan Modul Digital Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12 (1). ISSN 2088-2157

[img]
Preview
Text
17541-Article Text-50906-1-10-20220430.pdf

Download (976kB) | Preview
Official URL: https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/articl...

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi peserta didik. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah dengan menggunakan modul digital yang didesain untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, yaitu modul digital berbasis STEM yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul digital berbasis STEM untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi yang diisi oleh ahli bidang pendidikan matematika, lembar penilaian kepraktisan pendidik dan peserta didik, dan tes hasil belajar dengan soal pemecahan masalah. Kualitas modul digital yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan. Hasilnya adalah modul digital yang dikembangkan termasuk pada kategori valid dengan persentase keseluruhan sebesar 88,67%, dan kepraktisan modul digital dilihat dari respon peserta didik dengan persentase 87% serta respon pendidik 83,90%dengan kategori sangat praktis. Aspek efektivitas berdasarkan tes hasil belajar dengan soal pemecahan masalah mengalami peningkatan ditinjau dari hasil pretestdan posttest dengan perolehan N-gainsebesar 0,69 kategori sedang. Berdasarkan hasil dan analisis dapat disimpulkan bahwa modul digital yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dan layak digunakan peserta didik dalam pembelajaran matematika oleh peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurhanuraw NURHANURAWATI
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:34
Last Modified: 20 Jun 2022 06:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/42643

Actions (login required)

View Item View Item