Noer, Sri Hastuti and Gunowibowo, Pentatito and Triana, Mella (2022) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11 (1). pp. 482-492. ISSN 2442-5419

[img] Text
2022_Bukti Artikel Penelitian SHN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran online menyisakan banyak permasalahan terkait proses maupun hasil pembelajaran, diantaranya kurangnya motivasi belajar, terbatasnya media pembelajaran, kurang interaktif dan masalah psikologis lainya yang banyak dialami siswa. Hal ini pun terungkap dari studi pendahuluan yang dilakukan kepada guru matematika di Provinsi Lampung. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran online dapat dilakukan melalui pengkajian secara mendalam bagaimana kaitan kemampuan awal, kecerdasan emosional siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada tidaknya pengaruh dan besarnya pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Metro Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam sembilan kelas dengan jumlah siswa 282 orang. Dari ke sembilan kelas tersebut dipilih secara random 4 atau 5 siswa dari setiap kelas untuk dijadikan sebagai sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal dan kemampuan komunikasi matematis serta angket kecerdasan emosional siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) secara umum terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan awal dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 23,4%; (2) secara parsial, pengaruh kecerdasan emosional terhadap keterampilan komunikasi matematis sebesar 34,6% dan pengaruh kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar 19,6%.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: mella triana
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:21
Last Modified: 20 Jun 2022 01:21
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/42618

Actions (login required)

View Item View Item