Sukamto, Ismu (2022) Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2 (1). pp. 81-86. ISSN 2798-9453
|
Text
24626-61006-1-PB.pdf - Published Version Download (212kB) | Preview |
Abstract
Berprofesi sebagai seorang guru dituntut untuk memiliki kemampuan menulis karya tulis ilmiah. Hal ini tercantum dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Selain itu, menulis karya tulis ilmiah dapat menjadi media berbagi ilmu terkait inovasi pendidikan. Oleh karena itu, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat, pengetahuan dan keterampilan guru dalam penulisan karya ilmiah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Kota Metro dengan sasaran 20 guru SD yang ada di Kota Metro. Kegiatan pelatihan ini memiliki 2 tahapan, pemaparan materi tentang penulisan karya ilmiah dan praktik penulisan karya tulis ilmiah. Berdasarkan data hasil pelaksanaan, pelatihan berjalan dengan baik. Meskipun demikian, terdapat kendala dalam pelaksanaannya, yaitu: pada tahap pretest dan posttest berupa koneksi internet. Selain itu, pelatihan ini cukup efektif dalam meningkatkan pengetahuan peserta tentang karya tulis ilmiah dengan n-gain sebesar 0,303. Hasil dari kegiatan ini menjadi rujukan bagi pemegang kebijakan untuk menyelenggarakan program peningkatan guru dalam penulisan karya tulis ilmiah dan publikasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Ismu Sukamto |
Date Deposited: | 12 Jun 2022 11:30 |
Last Modified: | 12 Jun 2022 11:30 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/42245 |
Actions (login required)
View Item |