Halim, Abdul and Viyanti, Viyanti and Mentari, Ana and nurhayati, nurhayati (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI NASIONALISME DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN KABUPATEN PESISIR BARAT. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 9 (1). pp. 71-78. ISSN Online ISSN: 2614-6134

[img]
Preview
Text
17590-47943-1-PB.pdf

Download (241kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/articl...

Abstract

Indonesia merupakan Negara dengan berbagai macam keunikan di dalamnya, mulai dari suku, agama, budaya, dan ras. Indonesia menjadi tempat keberagaman yan g dibungkus dengan persatuan dan kesatuan yang kuat dan p enuh d engan makna dikehidupan kenyataan. Tentu adanya keberagaman ini harus dijaga d en gan b aik dan tidak boleh luntur begitu saja. Maka dari itu dibutuhkanya sikap nasionalisme yang kuat. Jiwa Nasionalisme merupakan implikasi penting y ang h a rus d imilik i oleh bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan , an caman, h ambatan, d an gangguan baik yang datang dari dalam dan luar negeri. Tu juan jangk a pan jang penelitian ini adalah sebagai cara atau metode untuk melawan rad ikalisme tid ak hanya di pondok pesantren Kabupaten Pesisir Ba rat tetap i d i selu ru h lem baga pendidikan pesantren di Indonesia dengan mengembangkan kegiatan-k egia tan d i pondok pesantren yang dapat menginternalisasi nilai-nilai Nasionalism e. Po n do k Pesantren Kabupaten Pesiisr Barat tidak memiliki program kegiatan khusus d alam menginternalisasi nilai-nilai nasionalisme, melainkan hanya melalui kegiatan sehari-hari yang terdapat di pesantren, dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme. Bentuk kegiatan tersebut terdiri dari kegiatan intrakurikuler, yaitu; mengaji, d a n rihlah ilmiyah dan ekstrakulikuler, yaitu; khitobah dan hadroh.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN
Depositing User: - nurhayati -
Date Deposited: 07 Jun 2022 09:40
Last Modified: 07 Jun 2022 09:40
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/42167

Actions (login required)

View Item View Item