Destini, Frida and Khairani, Fadhilah and Wulandari Utamining Tias, Ika (2022) Pengaruh Model Talking Stick dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas V. Didaktika, 2 (1). pp. 1-10. ISSN 2775-9024

[img]
Preview
Text
40859-103344-1-PB (2).pdf

Download (223kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.upi.edu/index.php/didaktika

Abstract

Pendidik diharapkan mampu menerapkan model pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik untuk lebih aktif, bertanggung jawab, menghargai orang lain, bekerjasama serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model cooperative learning tipe talking stick. Penelitian ini diharapkan mampu menyelesaikan masalah terkait dengan hasil belajar tematik peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model tongkat bicara dan media audio visual terhadap hasil belajar tematik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental design dengan non equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes, sedangkan analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model tongkat bicara dan media audio visual terhadap hasil belajar tematik siswa serta peningkatan Ngain sebesar 0,59 pada kategori “Sedang”. Sehingga diharapkan penerapan model talking stick dan media audio visual terhadap hasil belajar tematik ini dapat dijadikan rujukan bagi guru kelas Sekolah Dasar

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd Frida Destini
Date Deposited: 07 Jun 2022 07:15
Last Modified: 07 Jun 2022 07:15
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/42146

Actions (login required)

View Item View Item