Sofia, Ari and NOPIANA, NOPIANA (2021) Faktor Penunjang dan Penghambat dalam Pengembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1). pp. 599-610. ISSN 2549-8959
|
Text
JURNAL OBSESI vol 5 no 1 2021 hal 590-610 sinta 2.pdf Download (839kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman guru Taman Kanak�kanak tentang kecerdasan moral terutama faktor penunjang dan penghambat perkembangannya. Karena pengetahuan dan pemahaman yang ada dapat menjadi dasar bagi guru dalam menstimulasi perkembangan kecerdasan moral anak. Desain yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data tes. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai September 2018. Melibatkan 22 guru yang berasal dari 13 Taman Kanak-kanak di Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan guru cukup memahami tentang pengertian dari kecerdasan moral, faktor-faktor yang menjadi penunjang perkembangan kecerdasan moral anak, faktor-faktor yang menjadi penghambat perkembangan kecerdasan moral anak, hal-hal yang telah guru lakukan untuk mengembangkan kecerdasan moral anak di sekolah dan bagaimana keterlibatan orangtua dalam mengembangkan kecerdasan moral anak di sekolah. Namun pemahaman yang cukup pada guru belum bisa menjadi jaminan berkembangnya kecerdasan moral anak dengan baik. Masih diperlukan tingkat pemahaman yang baik agar pengembangan kecerdasan moral anak dapat lebih berkembang secara optimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD |
Depositing User: | ARI SOFIA |
Date Deposited: | 27 May 2022 09:26 |
Last Modified: | 27 May 2022 09:26 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/41933 |
Actions (login required)
View Item |