Rinaldo, Adi Pratama and Maskun, Maskun and Nur Indah Lestari, Nur (2019) Dinamika Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Kurikulum 2013 pada Jenajang SMA/MAK. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8 (2). pp. 99-121. ISSN 2301-461x

[img]
Preview
Text
Dinamika Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Kurikulum 2013 pada Jenajang SMA MAK..pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jps/article...

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan mengenai dinamika pelajaran Sejarah Indonesia dalam Kurikulum 2013 di jenjang SMK/MAK. Seperti diketahui bahwasanya awal penerapan Kurikulum 2013, Sejarah Indonesia mendapatkan tempat istimewa pada jenjang SMK/MAK, namun seiring perkembangan waktu, terjadi revisi yang dilakukan terhadap Kurikulum 2013 yang berdampak pada keberadaan mata pelajaran Sejarah Indonesia yang semakin berkurang jumlah jamnya. Penelitian ini menggunakan metode historis yang mencakup heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sejarah Indonesia pada awal penerapan Kurikulum 2013 mendapatkan alokasi waktu 216 jam pelajaran, semakin berkurang menjadi 144 jam pelajaran setelah terjadi revisi kurikulum pada 2016 dan semakin berkurang lagi menjadi 108 jam pelajaran serta perubahan komenklatur dari Sejarah Indonesia menjadi sejarah setelah perbaikan struktur kurikulum untukSMK/MAK pada tahun 2017

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: MASKUN
Date Deposited: 23 May 2022 07:49
Last Modified: 23 May 2022 07:49
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/41736

Actions (login required)

View Item View Item