Maydiantoro, Albet and Edy Purnomo, Edy and Peronika, Hijjah (2018) Efektivitas Model Moral Reasoning dan Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Memperhatikan EQ. ECONOMIC EDUCATION AND ENTERPRENEURSHIP JOURNAL, 1 (1). pp. 1-67. ISSN 2579-5902

[img]
Preview
Text
19329-44392-1-SM.pdf

Download (535kB) | Preview
Official URL: http://ekonomi.fkip.unila.ac.id

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Moral Reasoning dan simulasi untuk meningkatkan keterampilan sosial memperhatikan kecerdasan emosional (EQ). Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian menggunakan treatment by level. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 11 kelas dengan jumlah 359 siswa dan sampel yang digunakan 2 kelas dengan jumlah 59 siswa yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan angket. Analisis data menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan keterampilan sosial dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Moral Reasoning dan model Simulasi dengan memperhatikan kecerdasan emosional (EQ)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: EQ, Keterampilan Sosial, Moral Reasoning, Simulasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: ALBET AMD MAYDIANTORO
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:31
Last Modified: 04 Apr 2022 01:31
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/40957

Actions (login required)

View Item View Item