Nama, Gigih Forda and Permatahati, Dian Ayu Pratiwi and ., Mardiana and Septama, Hery Dian Peer Review - RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI KOLEKSI PERMAINAN AKSARA LAMPUNG (KOPER APUNG) BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE SCRUM. Fakultas Teknik Universitas Lampung. (Unpublished)

[img] Text
RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI.pdf

Download (989kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya. Salah satu bentuk keragaman budayanya adalah bahasa daerah yang berbeda di setiap wilayah. Bahkan, pada beberapa daerah tertentu memiliki aksara khusus dalam penulisan, salah satunya yaitu aksara Lampung. Ada berbagai macam cara yang biasa dilakukan untuk melestarikan penggunaan aksara dan bahasa daerah, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk game edukasi belajar bahasa dan aksara Lampung (KOPER APUNG) berbasis android dengan metode scrum dan menggunakan game engine construct 2. Dari 3 kali proses iterasi sprint yang dilakukan, menghasilkan sebuah game edukasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pengujian portability menunjukkan bahwa game dapat berjalan pada perangkat android minimum versi 4.1. Pengujian functionality menunjukkan aset game 100% dapat berjalan baik. User acceptance test dengan melibatkan 25 responden, menunjukkan predikat sangat baik dengan persentase 95,77%. Pengujian efficiency menunjukkan game menggunakan CPU rata-rata sebesar 15% dan RAM 400 MB. Sedangkan pada tahap evaluasi, tingkat kelulusan responden meningkat dari sebelumnya 36 % menjadi 96%. Sehingga, game ini efektif digunakan sebagai salah satu media belajar Aksara Lampung. Kata kunci: android, construct 2, metode scrum, game edukasi, aksara lampung

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: MARDIANA
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:12
Last Modified: 25 Mar 2022 01:12
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/40518

Actions (login required)

View Item View Item