Wayan Rumite, Rumite and Lina Tri Wahyuni, Wahyuni and Tomi Listiawan, Tomi (2020) Profil Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Siswa Kelas XI SMAN 1 Tulungagung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 6 (2). pp. 77-86. ISSN e-ISSN: ISSN 2580-3263, p-ISSN: ISSN 2460-7800
|
Text
Artikel Profil Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Siswa Kelas XI SMAN 1 Tulungagung.pdf - Other Download (282kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa yang terbagi menjadi kreatif, kurang kreatif, dan tidak kreatif. Kreativitas merupakan kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang bersifat baru (novel), berguna, dan dapat dimengerti (understandable). Klasifikasi kreativitas siswa diberikan pada siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Tulungagung yang diberi perlakuan pembelajaran matematika realistic (RME). RME mencerminkan pandangan matematika tertentu mengenai bagaimana anak belajar matematika dan bagiamana matematika harus diajarkan. Data yang didapatkan berupa kalimat deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah metode perbandingan tetap (constant comparative method) yang dikemukakan oleh Glaser dan Strauss. Hasil dari penelitian ini siswa yang kreatif mampu menjawab soal secara rinci dan sistematis serta dapat memberikan alasan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas; RME; metode perbandingan tetap |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email wayan.rumite@fkip.unila.ac.id |
Date Deposited: | 04 Mar 2022 02:34 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 02:34 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/39891 |
Actions (login required)
View Item |