Rahmadi, Ary and Dewi, Bainah Sari and Rumahorbo, Astry Sri Rezeki and Prasetya, Ari Yudha (2017) Upaya Konservasi Pohon Jati (Tectona grandis) oleh Masyarakat (Studi Kasus di KPH Balapulang Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah). In: Seminar Nasional FKT 2017, 17 November 2017, UGM Yogyakarta.

[img] Text
Upaya Konservasi Pohon Jati (Tectona grandis) Oleh Masyarakat (Studi Kasus Di KPH Balapulang Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah) (1).pdf

Download (890kB)

Abstract

Dung beetle adalah jenis kumbang yang menjadikan feses sebagai makanan dan atau nggunakannya sebagai tempat untuk petetakkan teiurnya. Pembenaman yang diiakukan oieh dung beetie nat memperbaiki kesuburan dan aerasi tanah, serta meningkatkan laju siklus nutrisi. Menguburkan Lleran adalah salah satu cara dung beetle dalam penyediaan unsur ekologi kerrhuran tanah, penyebaran benih mengentro! penyakit yang menyebabkan timbulnya parasit, Dung bertle erunakan jenis kunci pada suatu ekosistem. Dung beetle di hutan juga dapat berfungsi sebagai nendegradasi materi organik yang berupa feses satwa liar terutama mamalia, burung, dan fari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kesukaan dung beetle terhadap feses gajah, feses kuda, dan feses sapi terhadap kelimpahan kumbang tinja (dung beetle) di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode trap. Penelitian ini dikakukan pada bulan Oktober sampai bulan Desember 2019 di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman pada Blok Pemanfaatan yaitu Arborctum i sampai Arburctum o. iiasii yang didapatkan pada penciitian ini adaiah dung beeie icbih banyak ditemukan pada feses sapi dengan jumlah 14 dung beetle, dung beetle lebih tertarik pada feses sapi dikarenakan feses sapi memiliki aroma yang tajam karena terdapat banyak mikroba dan nematoda di delamnya dan juga tekstur yang lebih halus dibandingkan dengan feses lainnya. Dung beetle yang mendominasi adalah jenis Cattarsius molossus. Kata kunci seperti mengingkatkan Tujuan Dung beetle, Feses.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Kehutanan
Depositing User: Dr.Hj. Bainah Sari Dewi s.Hut., M.P.
Date Deposited: 22 Feb 2022 01:09
Last Modified: 22 Feb 2022 01:09
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/39701

Actions (login required)

View Item View Item