Prasetyo, Dendy and Darmawan, Arief and Dewi, Bainah Sari (2019) Persepsi Wisatawan terhadap Pengembangan Wisata Puncak Mas Lampung. Jurnal Sylva Lestari, 7 (1). pp. 22-29. ISSN ISSN 2339-0913

[img] Text
Persepsi Wisatawan Terhadap Pengembangan Wisata Puncak Mas Lampung (1).pdf

Download (836kB)

Abstract

Persepsi wisatawan merupakan suatu eara untuk mengetahui penilnian wisatawan terhadap suat objek ekowisata yang nantinya dapat menjadi acuan bagi pengelola ekowisata terhadap strategi perencannAn yang akan direncanakan dan berdampak terhadap pengembangan sustu objek ekowisata. Data wisatawan yang didapat sebelumnya pertu dilakukan observasi mendalam untuk menentukan pertanyann dari suatu permasalahan yang mendasar dari matu objek ekowisata, sehingga pertanysan yang skan disjukan dapat mewakili dari suatu aspek permasalshan yang terdapat di suatu objek ekowisata khunyn ekowisata Pancak Mas Lampung. Penelitian ini ditakukan untuk mengetabui penilaian pengunjung terkadap berberapa aspek penilaian yang dapat mendukung pengembangan Ekowisata Puncak Mas Lampung Beberapa aspek penilaian yang telah ditentukan dan menjadi dasar dari pertanyaan yang terdapat didalam penelitian ini diantaranya adalah fasilitas, pelayanan, akomodasi, infrastruktur, dan daya tarik wisata Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2019 di Ekowisata Puncak Mas Lampung Pengumpulaa data persepsi yang didapat pada Ekowisata Puncak Mas Lampung mengunakan metode wawancara mendalam antuk data pengelola, setelah data wawancara peagelola didapat lalu akan dinimpulkan serta data tersebut akan disatukan sebagai data pendukung kedalam data persepsi wisatawan. Pengumpulan data persepsi wisatawan dengan wawancara tertutup menggunakan metode skala likert dengan penentuan jumlah responden menggunakan rumus slovin. Data wawancara mendalam terhadap pengelola diperoleh degan cara mengajukan pertanyaan mendalam kepada pengelola secara langsung, sedangkan untuk data penilaian persepsi wisatawan akan ditentukan dengan skor penilaian, 1 untuk "Sangat Tidak Baik", 2 untuk Tidak Baik", 3 untuk "Cukup", 4 untuk "Baik" dan 5 untuk "Sangat Baik". Hasil dari penilaian persepsi wisatawan yang telah didapat terhadap beberapa aspek penilaian yang sebelumnya telah ditentukan menunjukan skor persepsi wisatawan. Skor persepsi wisatawan yang didapat masing-masing pada avpek fasilitas sebesar 4,1 yang artinya " Baik", aspek pelayanan sebesar 4,1 yang artinya "Baik", aspek akomodasi sebesar 3,9 yang artinya "Baik", aspek infrastruktur sebesar 4,2 yang artinya "Baik" serta aspek daya tarik wisata sebesar 4,1 yang artinya " Baik". Penilaian wisatawan terhadap Ekowisata Puncak Mas menunjukan bahwa kepuasan wisatawan sudah menunjukan hasil yang "Baik", karena keinginan dan kepuasan wisatawan yang berkunjung menikmati ekowi sata Puncak Mas Lampung telah terpenuhi dalam melakukan kegiatan wisata, dengan diperoleh rata-rata dari skor aspek penilaian yaitu sebesar 4,1 dari penilaian wisatawan terhadap Ekowisata Puncak Mas. Perlu adanya pengembangan didalam mempertahankan serta meningkatkan kepuasan wisatawan untuk menunjang keberlanjutan Ekowisata Puncak Mas Lampunng. Upaya pengembangan yang dimaksud adalah dengan cara mengevaluasi serta menambah atau memperbaharui berbagai aspek yang ada guna menunjang kebutuhan wisatawan kedepaunya. Kata kunci - Persepsi, Wisatawan, Pengelola, Ekowisata dan Wawancara.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Kehutanan
Depositing User: Dr.Hj. Bainah Sari Dewi s.Hut., M.P.
Date Deposited: 22 Feb 2022 01:08
Last Modified: 22 Feb 2022 01:08
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/39695

Actions (login required)

View Item View Item