Kamaluddin, Akhmad and Winarno, Gunardi Djoko and Dewi, Bainah Sari (2019) Keanekaragaman Avifauna di Pusat Latihan Gajah (PLG) Taman Nasional Way Kambas. Jurnal Sylva Lestari, 7 (1). pp. 10-21. ISSN ISSN 2339-0913
|
Text
Keanekaragaman Jenis Avifauna di Pusat Latihan Gajah (PLG) Taman Nasional Way Kambas (1).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Avifauna merupakan salah satu keanekaragaman hayati yang memiliki peran dalam ekosistem, yaitu sebagai penyebar biji, membantu penyerbukan, dan sebagai salah satu bioindikator lingkungan. Pusat Latihan Gajah (PLG) selain sebagai pusat konservasi gajah sumatera, juga berfungsi sebagai habitat dan pelestarian keanekaragaman seluruh satwa termasuk jenis-jenis avifauna. Salah satu bentuk upaya konservasi terhadap avifauna adalah dengan mendata keanekaragaman jenis avifauna yang ada pada lokasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis burung yang terdapat di PLG Taman Nasional Way Kambas. Penelitian dilakukan menggunakan metode point count pada tiga titik lokasi pengamatan yaitu: area taman, padang rumput, dan area rawa dengan 3 kali pengulangan. Hasil penelitian ditemukan 33 spesies dari 21 famili (727 individu) dengan nilai keanekaragaman jenis burung tergolong sedang (1 <<H' < 3). Keanekaragaman jenis burung berpengaruh terhadap keberadaan jumlah spesies pada suatu habitat sehingga mempengaruhi terhadap kualitas suatu habitat dan berperan penting sebagai bioindikator pada suatu ekosistem. Upaya konservasi burung perlu dilakukan dan didukung oleh semua pihak untuk tetap menjaga keberadaan burung di habitat aslinya. Kata kunci: Avifauna, keanekaragaman, konservasi, taman nasional, pusat latihan gajah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SD Forestry |
Divisions: | Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Kehutanan |
Depositing User: | Dr.Hj. Bainah Sari Dewi s.Hut., M.P. |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 01:12 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 01:12 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/39643 |
Actions (login required)
View Item |