Rumahorbo, Astry Sri Rezeki and Dewi, Bainah Sari and Prasetya, Ari Yudha and Rahmadi, Ary (2017) Hama dan Penyakit Persemaian Pinus (Pinus merkusii) (Studi Kasus di BKPH Paguyangan KPH Pekalongan Barat Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah). In: Seminar Nasional Implementasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid :19 Peluang dan Tantangan, 17 November 2017, UGM Yogyakarta.

[img] Text
Hama dan Penyakit Persemaian Pinus (Pinus merkusii) (Studi Kasus di BKPH Paguyangan KPH Pekalongan Barat Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah) (1).pdf

Download (873kB)

Abstract

Lokasi penelitian dilakukan di BKPH Paguyangan KPH Pekalongan Barat Perum Perhutani dilakukan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hama dan penyakit pada persemaian pinus. Pertumbuhan persemaian pinus dipengaruhi oleh kombinasi faktor eksternal dan faktor Hama dan penyakit mempengaruhi pertumbuhan dan produktifitas persemaian pinus. penyakit. Kurangnya penelitian mengenai hal ini menyebabkan penelitian ini penting untuk lainnya, faktor tersebut dapat menekan pertumbuhan tanaman dengan timbulnya hama dan internal yang berimbang. Apabila satu faktor lingkungan tidak seimbang dengan faktor Divisi Regional Jawa Tengah. Penelitian dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2017. Metode onelitian ini dengan Direct Observation Method dan Literature Method. Hasil penelitian ini ditemukan hama pada persemaian pinus yaitu burung, semut, cabuk/kutu lilin dan jamur. sedangkan penyakıt yang menyerang adalah busuk akar/lodoh (dumping off) dan penvakit bercak daun. Cara pengendalian hama dan penyakit adalah inventarisasi lokasi hama dan penyakit, identifikasi gejala serangan hama dan penyakit, isolasi individu, pembersihan gulma dan pembasmian hama dan penyakit dengan pestisida organik. Pengendalian hama dan penyakit perlu intensif ditingkatkan untuk meminimalkan kerusakan pada persemaian. Peran serta dari masyarakat dan Perum Perhutani sangat diperlukan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Kehutanan
Depositing User: Dr.Hj. Bainah Sari Dewi s.Hut., M.P.
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:08
Last Modified: 21 Feb 2022 01:08
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/39597

Actions (login required)

View Item View Item