Violita, Cindy Yoeland and Dewi, Bainah Sari and Harianto, Sugeng P. Peran Perhutani terhadap Masyarakat Petani Hutan pada Penggembalaan Liar (Studi Kasus RPH Kepoh Jawa Tengah Indonesia). In: Seminar Nasional Agroforestri V di Unpatti Ambon, 21-22 November 2014, Unpatti Ambon.

[img] Text
Peran Perhutani Terhadap Masyarakat Petani Hutan Pada Penggembalaan Liar (Studi Kasus Rph Kepoh Jawa Tengah Indonesia) (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) merupakan areal penyangga sungai-sungai sebagai upaya perlindungan terhadap hidro-orologi dari hutan (Perhutani, 2010). KPS termasuk dalam kawasan perlindungan di KPH Randublatung dengan luas 1.250, 20 Ha (3,85%). Fungsi lain dari KPS yaitu sebagai tempat berlindung dan tempat mencari makan dan minum (habitat satwa liar) sehingga kawasan ini sangat dijaga keberadaannya dari segala aktivitas baik pengembalaan liar pembukaaan lahan maupun pencurian kayu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya kegiatan pengembalaan liar. Metode penelitian dengan direct observation di KPS RPH Kepoh BKPH Selogender KPH Randublatung Perum Perhutani Jawa Tengah. Hasil penelitian ditemukan adanya kasus pengembalaan liar di KPS RPH Kepoh khususnya di kawasan tanaman muda dan areal dilindungi. Vegetasi yang rusak akibat pengembalaan liar yaitu johar, mahoni, jati, trambesi, tapak leman, rumput-rumputan, nyamplung, opo-opo, lamtoro dan kesapin. Bentuk kerusakan pada tanaman muda yaitu terinjak-injak oleh hewan temak, pucuk daun mati akibat dimakan oleh hewan ternak. Pada pohon bentuk kerusakan seperti batang dan cabang tersayat atau terpotong secara sengaja oleh pengembala ternak. Bentuk kerusakan selain pada vegetasi yaitu tanah mengalami pemadatan akibat injakan hewan temak.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Kehutanan
Depositing User: Dr.Hj. Bainah Sari Dewi s.Hut., M.P.
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:07
Last Modified: 21 Feb 2022 01:07
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/39516

Actions (login required)

View Item View Item