Pujiati, P and Nurdin, Nurdin and Wardani, Wardani (2022) Analisis Keterampilan Berkolaborasi Mahasiswa Rumpun Ilmu Sosial di Universitas Lampun. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4 (3). pp. 1389-1396. ISSN 2622-3740

[img]
Preview
Text
872-6178-2-PB.pdf

Download (345kB) | Preview
Official URL: https://www.mahesainstitute.web.id/ojs2/index.php/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berkolaborasi mahasiswa rumpun ilmu sosial di Universitas Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dilakukan sebagai sebuah langkah mengupayakan solusi dari permasalahan yang ada di lapangan yaitu kurang optimalnya keterampilan kolaboratif mahasiswa di era global. Sampel ditentukan sebanyak 206 mahasiswa aktif yang mengisi dan mengembalikan instrumen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukan bahwa sebesar 62,349% mahasiswa rumpun ilmu sosial di Universitas Lampung setuju dengan pentingnya keterampilan berkolaborasi. Indikator yang paling tinggi yaitu sikap menghargai pendapat sebesar 35,92% dan paling rendah indikator pertanggungjawaban individu dalam kelompok sebesar 12,62%. Keterampilan berkolabrosi harus dimiliki oleh setiap mahasiswa guna mempersiapkan dirinya memasuki dunia kerja. Kecakapan/keterampilan dan pengetahuan akan melahirkan SDM yang tangguh dan terampil sesuai kebutuhan dunia kerja. Kemampuan kolaborasi akan membentuk kesiapan mahasiswa dalam menguasai ilmu sesuai bidangnya, namun juga akan membentuk mentalitas dan kepribadian. Kata Kunci: Berkolaborasi; Keterampilan Mahasiswa; Rumpun Ilmu Sosial

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: PUJIATI P
Date Deposited: 07 Feb 2022 06:59
Last Modified: 07 Feb 2022 06:59
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/39070

Actions (login required)

View Item View Item