WAHYUNI, IKE and Pargito, Pargito and Sinaga, Risma Margaretha (2020) Pemanfaatan Biografi Gele Harun Nasution Dalam Menanamkan Nilai Multikultural Pada Pembelajaran Sejarah Di SMAN 1 Dente Teladas. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN “PEMBELAJARAN ABAD 21: MENCAPAI KOMPETENSI PENDIDIKAN GENERASI EMAS 2045”, 16 Januari 2020, Bandar Lampung.

[img] Text
35. Prosiding Semnas FKIP Unila 2020 - Pemanfaatan Biografi Gele Harun Nasution Dalam Menanamkan Nilai Multikultural Pada Pembelajaran Sejarah Di SMAN 1 Dente Teladas.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan Biografi Gele Harun Nasution Dalam Menanamkan Nilai Multikultural Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Dente Teladas. Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai multikulturalisme peserta didik dengan menggunakan biografi Gele Harun Nasution pada pembelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian naturalistik dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa Pertama, nilai-nilai multikultural yang terkandung dalam biografi Gele Harun Nasution adalah (1) belajar hidup dalam perbedaan, (2) membangun saling percaya (mutual trust), (3) memelihara saling pengertian (mutual understanding), (4) menjunjung sikap saling menghargai (mutual respect), (5) terbuka dalam berpikir. Kedua, pembelajaran sejarah lokal dengan menggunakan biografi Gele Harun Nasution, disampaikan oleh guru sebagai hidden curriculum. Ketiga, beberapa kendala yang ditemukan dalam pembelajaran sejarah menggunakan biografi Gele Harun Nasution, yaitu: keterbatasan sumber atau referensi mengenai biografi Gele Harun Nasution dan keterbatasan peserta didik mengenai provil Gele Harun Nasution.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RISMA MARG . .
Date Deposited: 04 Feb 2022 07:51
Last Modified: 04 Feb 2022 07:51
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/39019

Actions (login required)

View Item View Item