Markhamah, Sulis Setia and Sinaga, Risma Margaretha and Trisnaningsih, Trisna Penerapan Tahkim Dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Di Masa Pandemi. In: IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID 19: PELUANG DAN TANTANGAN.

[img]
Preview
Text
20. Prosiding Semnas FKIP Unila 2021 - Penerapan Tahkim Dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Di Masa Pandemi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan tahkim dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di masa pandemi. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sumber data: kepala sekolah, amir dan sekretaris Majelis Pengasuhan Santri (MPS), peserta didik MTs Ponpes Al-Fatah Natar, Lampung Selatan. Fokus penelitian ini adalah studi deskriptif penerapan tahkim (hukuman) di masa pandemi Covid-19. Penerapan tahkim di masa pandemi. Hasil penelitian didapatkan bahwa peran tahkim sudah berjalan dengan baik dan penerapan tahkim dalam prosesnya turut mendorong terbentuknya disiplin dan rasa tanggung jawab peserta didik terhadap tata tertib sekolah. Namun penerapan tahkim dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik mengalami kendala di masa pandemi karena pelanggaran yang dilakukan sulit didata dan juga penerapan hukuman sulit dijalankan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RISMA MARG . .
Date Deposited: 04 Feb 2022 07:51
Last Modified: 04 Feb 2022 07:51
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/39016

Actions (login required)

View Item View Item