Dedy, Miswar and Rina, Isnelly (2011) APPLICATION COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE GROUP INVESTIGATION (GI) TO IMPROVE STUDENT ACHIEVEMENT LEARNING GEOGRAPHY CLASS X3 SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG YEAR STUDY 2010-2011. Jurnal Pendidikan Progresif, 1 (2). pp. 101-204. ISSN 2087-9849

[img]
Preview
Text
01. Sudah Jurnal_JPP_Nov_2011_.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam mengelola suatu proses pembelajaran di kelas yang didasarkan pada respon semakin melemahnya kualitas pembelajaran siswa X3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui data-data yang telah diolah baik berupa angka maupun huruf yang didapatkan dari tiga siklus penelitian tindakan kelas. Untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI ini dilakukan dalam tiga siklus. Kesimpulan hasil pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar dengan GI sehingga guru perlu memberikan penjelasan kepada siswa tentang prinsip pembelajaran GI dan perlu lebih cermat dalam membagi waktu sehingga siswa lebih serius. Dalam siklus kedua tampak siswa mulai terbiasa dan mengarah pada pembelajaran kooperatif tipe GI yang yang termasuk dalam kategori aktivitas off task yang rendah sebesar 62,5% menjadi 71,875% pada siklus kedua dan 81,25% pada siklus ketiga. Sementara itu, hasil ulangan harian siswa juga mengalami peningkatan yang memperoleh nilai ≥75 atau tuntas sebesar 65,625% menjadi 71,875% pada siklus kedua dan 81,25% pada siklus ketiga. Pada pelaksanaan siklus ketiga, peneliti mencoba mengkolaborasikan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan outdoor sehingga siswa mampu mengaplikasikan materi yang sudah didapat. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X3 di SMA Negeri 9 Bandar Lampung.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: DEDY MISWAR
Date Deposited: 15 Sep 2017 01:21
Last Modified: 15 Sep 2017 01:21
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item