Resty, Diana and Herpratiwi, Herpratiwi and Undang Rosidin, UR (2021) Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Journal of Elementary Education, 5 (6). pp. 5937-5945. ISSN 2580-1147

[img]
Preview
Text (Artikel)
Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar..pdf

Download (309kB) | Preview
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen asesmen kinerja berbasis literasi sains yang valid dan praktis pada pembelajaran tematik terpadu peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini mengikuti tujuh tahap metode Borg and Gall. Subjek penelitian pengembangan ini dibedakan menjadi dua, yaitu subjek uji coba produk adalah validasi ahli dan subjek uji coba pemakaian adalah 30 peserta didik kelas V A SDN 2 Harapan Jaya. Objek dalam penelitian ini adalah instrumen asesmen kinerja berbasis literasi sains pada pembelajaran tematik terpadu kelas V Sekolah Dasar. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk layak digunakan, yang didapat dari rata-rata hasil analisis dataoleh validator ahli 85,8% dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya hasil analisis instrumen penelitian diperoleh nilai KMOsebesar0,560>0,5 bahwa butir penilaian yang diamati pada lembar observasi baik untuk digunakan. Hasil uji reliabilitas cronbach's alphamenunjukkan 0,621>0,5. Maka dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen kinerja berbasis literasi sains telah valid dan sangat praktis digunakan pada pembelajaran tematik peserta didik kelas V Sekolah Das

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: HERPRATIWI
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:04
Last Modified: 03 Feb 2022 01:04
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/38873

Actions (login required)

View Item View Item