Sumarti, Sumarti and Iing, Sunarti and Eka Sofia Agustina, Eka Sofia (2019) Lintas Budaya (Interkultural)dalam Pembelajaran Berbicara bagi Peserta BIPA Darmasiswadi Universitas Lampun. Afiliasi APPBIPA bekerja sama dengan INCULS.

[img]
Preview
Text (Reviewer)
R_Lintas Budaya Interkultural dalam Pembelajaran Berbicara bagi Peserta BIPA Darmasiswadi Universitas Lampung.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://kipbipa.appbipa.or.id/unduh/prosiding_kipbi...

Abstract

Pengajaran bahasa tidak dapat dipisahkan dari budaya. Komunikasi antarbudaya menjadi hal utama dalam pengajaran bahasa sebab komunikasi antarbudaya merupakan komunikasi antarmanusia dengan latar budaya yang tidak sama. Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (selanjutnya disingkat BIPA) dengan pengembangan kemampuan berbahasa secara komunikatif telah mendorong para pengajar untuk mampu membangun “intercultural competence” (IC) pada diri para pembelajarnya. Capaian pembelajaran BIPA terdiri atas aspek keterampilan berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis) dan aspek kebahasaan (tata bahasa dan kosa kata). Dalam praktik pembelajarannya, kedua aspek tersebut diajarkan secara terintegrasi. Selain kedua aspek tersebut, terdapat pula aspek budaya. Isu pembelajaran BIPA saat ini ialah pembelajaran berbasis teks yang interkultural. Pemahaman dan pengetahuan lintas budaya atau kompetensi lintas budaya merupakan bagian integral yang tidak terpisahkan dari pengajaran bahasa asing. Dengan desain penelitian deskriptif kualitatif, dirancang pembelajaran keterampilan berbicara berbasis lintas budaya bagi peserta BIPA Darmasiswa di Universitas Lampung tahun akademik 2018/2019. Peserta BIPA tahun akademik 2018/2019 di Universitas Lampung berasal dari Polandia, Yaman, Somalia, dan Ruwanda. Hasil penelitian berupa desain/perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran berbicara berbasis intercultural, khusus topik berbelanja di pasar tradisional.. Budaya berbelanja yang dibelajarkan ialah budaya masyarakat Lampung dan Melayu pada umumnya. Kebermaknaan hasil penelitian ini ialah pemelajar BIPA dapat berbelanja di pasar tradisional dengan berkomunikasi secara ramah, natural, dan harga barang yang relatif murah sebagai hasil dari proses tawar menawar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: SUMARTI
Date Deposited: 31 Jan 2022 12:51
Last Modified: 31 Jan 2022 12:51
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/38823

Actions (login required)

View Item View Item