Suciska, Wulan (2011) Makna dan Praktik 'Sogokan' bagi Wartawan. Jurnal Penelitain Komunikasi, 14 (2). pp. 155-166. ISSN 1410-8291
|
Text
lipifull.compressed.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Artikel ini merupakan hasil penelitian yang dilatarbelakangi oleh permasalahan sogokan yang selama ini lebih diidentikkan pada wartawan dari media yang belum mapan. Sedangkan sogokan dalam bentuk amplop ataupun freebies yang terjadi di kalangan wartawan profesional belum terungkap, termasuk maknanya bagi wartawan dan narasumber terkait. Penulis mengintegrasikan teori interaksionisme simbolik dan menggunakan pendekatan sibjektif-konstruktivis serta metode penelitian kualitatif dengan tradisi penelitian fenomenologi, atau paradigma interpretif (interpretive paradigm). hasil penelitian menunjukkan bahwa sogonak menjadi fenomena bukan semata kesalahan wartawan tetapi juga pihak-pihak lain yang berkepentingan dengannya seperti narasumber, pihak media, dan organisasi profesi kewartawanan. Salahsatu penyebabnya adalah makna dan batasan pemberian yang termasuk sogonak dengan yang nonsogokan berbeda-beda.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Komunikasi |
Depositing User: | WULAN SUCISKA |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 01:53 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 01:53 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/3868 |
Actions (login required)
View Item |