Putri, Resti and Herpratiwi, Herpratiwi and Undang Rosidin, UR Similaritas_Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Basicedu.

[img]
Preview
Text
Similarity_Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen asesmen kinerja berbasis literasi sains yang valid dan praktis pada pembelajaran tematik terpadu peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini mengikuti tujuh tahap metode Borg and Gall. Subjek penelitian pengembangan ini dibedakan menjadi dua, yaitu subjek uji coba produk adalah validasi ahli dan subjek uji coba pemakaian adalah 30 peserta didik kelas V A SDN 2 Harapan Jaya. Objek dalam penelitian ini adalah instrumen asesmen kinerja berbasis literasi sains pada pembelajaran tematik terpadu kelas V Sekolah Dasar. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk layak digunakan, yang didapat dari rata-rata hasil analisis data oleh validator ahli 85,8% dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya hasil analisis instrumen penelitian diperoleh nilai KMO sebesar 0,560>0,5 bahwa butir penilaian yang diamati pada lembar observasi baik untuk digunakan. Hasil uji reliabilitas cronbach's alpha menunjukkan 0,621>0,5. Maka dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen kinerja berbasis literasi sains telah valid dan sangat praktis digunakan pada pembelajaran tematik peserta didik kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: HERPRATIWI
Date Deposited: 27 Jan 2022 08:01
Last Modified: 27 Jan 2022 08:01
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/38501

Actions (login required)

View Item View Item